PANTALA | Membuat Kompor Alkohol dari Kaleng Bekas
78
single,single-post,postid-78,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode-theme-ver-7.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.9.1,vc_responsive

25 Jul Membuat Kompor Alkohol dari Kaleng Bekas

Salah satu perlengkapan penting dalam berkemah adalah alat memasak. Untuk memasak di alam bebas, lebih baik jika kita membawa alat-alat yang praktis dan tidak memakan tempat. Salah satu alat memasak yang cukup biasa digunakan adalah nesting (misting). Lalu bagaimana dengan kompornya?

Kompor yang paling umum digunakan untuk kegiatan berkemah adalah kompor lapangan (kompor parafin). Kompor ini sangat praktis mengingat bentuknya yang kecil, dan bahan bakar parafin yang berbentuk padat membuatnya mudah dibawa. Tetapi kekurangannya adalah rendahnya panas yang dihasilkan, terlihat dengan “api merah”nya. Jenis kompor lain yang cukup populer adalah kompor gas butana. Kompor jenis ini memiliki efisiensi pembakaran yang sangat tinggi, tetapi kita harus berhati-hati membawa bahan bakarnya karena fasanya gas. Belum lagi masalah kebocoran gas yang sering terjadi.

Salah satu alternatif lain adalah kompor alkohol. Kompor alkohol memiliki kelebihan dan kekurangan diantara kedua kompor di atas. Efisiensi pembakaran yang cukup tinggi (walaupun tidak setinggi kompor gas) dan bahan bakarnya yang berbentuk cair membuatnya lebih mudah dibawa. Salah satu kompor alkohol yang terkenal adalah kompor Trangia yang telah dilengkapi peralatan memasak. Harga kompor ini cukup mahal. Untuk yang tidak memiliki anggaran besar untuk membeli kompor ini, kita dapat membuatnya sendiri dengan bermodalkan kaleng bekas minuman berkarbonasi.

Bahan yang diperlukan:

  • 2 buah kaleng minuman berkarbonasi (250 ml atau 330 ml)
  • Spidol
  • Pisau Cutter
  • Penggaris
  • Jangka
  • Gunting
  • Bor kecil (atau sebagai pengganti dapat menggunakan push pin)
  • Peniti
  • Tang

 

Cara membuat:

1. Tandai bagian tengah alas kaleng dengan menggunakan spidol. Caranya letakkan spidol di atas penopang, kemudian tarik 4 buah garis dengan memutar kaleng per 90º. Dari sini kita dapat menentukan titik tengah nya.

2. Buat lingkaran dari kertas, yang terbagi menjadi 8 (atau 16) garis. Lalu tandai bagian dalam alas kaleng dengan spidol.

3. Lubangi bagian alas kaleng dengan menggunakan jangka yang kedua ujungnya jarum. Sisakan kira-kira 5 mm dari bagian tepi dalam alas kaleng.

4. Lubangi titik yang telah ditandai dengan menggunakan bor kecil (0.5 mm) secara tegak lurus, kemudian geser bor tersebut menyamping, sehingga pada akhirnya lubangnya akan agak miring. Ini berguna untuk membuat api yang menyala berbentuk tornado.

5. Dirikan kaleng dengan bagian bawah ada di bawah kemudian ukur sepanjang 30 mm dari bawah kaleng. Potong dengan menggunakan cutter yang diletakkan di atas penopang. Ini bagian atas kompor kita.

6. Potong kaleng kedua dengan cara yang sama dengan point no.5, dengan ukurannya 28 mm dari bawah kaleng.

7. Tekuk dinding kaleng ini dengan menggunakan tang. Tekukan ini dimaksudkan agar pada saat dimasukkan ke bagian atas, lebih mudah. Ini adalah bagian bawah kompor.

8. Sisa bagian atas kaleng dapat digunakan untuk dinding dalam kompor. Potong dengan lebar ± 30 mm, dan panjang sesuai diameter dalam (point no.3). Lebihkan kira-kira 2 cm. Potong sesuai pola (lihat gambar!) kemudian lingkarkan, dan kaitkan.

9. Buat 2 atau 4 lubang pada salah satu sisi dinding dalam untuk bahan bakar. * sebagai alternatif, jika kita menggunakan kaleng 330 ml, maka dinding dalam dapat menggunakan kaleng bekas 250 ml.

10. Susun ketiga bagian kompor. Perhatikan lubang pada dinding dalam harus terletak dibawah!! Tekan tutup dan alas kompor sehingga dinding dalam terjepit dan posisinya tidak berubah.

Hm.. pembuatannya memang agak sedikit rumit, tapi hasilnya lumayan lho, tidak kalah dengan kompor alkohol bermerek! Jika tertarik untuk membuat kompor alkohol dengan model-model lainnya (juga tips cara membuat dudukan untuk alat memasaknya), silakan lihat di link yang terdapat di bawah halaman ini.

Selamat mencoba!!

sumber gambar : http://www.youtube.com