PANTALA | Keanggotaan
9
page,page-id-9,page-parent,page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-theme-ver-7.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.9.1,vc_responsive
 

Keanggotaan

PANTALA (Pecinta Alam Santa Angela) merupakan organisasi kepecintalaman yang berdiri dari salah satu ekstrakurikuler yang diselenggarakan di SMA Santa Angela. Oleh karena itu, yang dapat menjadi anggota PANTALA adalah siswa-siswi SMA Santa Angela dan alumninya. Dalam struktur keorganisasiannya, PANTALA memiliki 2 tipe keanggotaan, yakni Peserta Ekstrakurikuler dan Anggota PANTALA.

  • Peserta Ekstrakurikuler
    • Jenis keanggotaan ini merupakan keanggotaan dasar karena setiap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PANTALA akan memperoleh status sebagai Peserta Ekstrakurikuler. Keanggotaan ini bersifat sementara saja. Jika seseorang secara administratif tidak lagi mengikuti ekstrakurikuler PANTALA, maka keanggotaan ini secara otomatis akan hilang.
  • Anggota PANTALA
    • Anggota PANTALA merupakan Peserta Ekstrakurikuler yang telah mengikuti Praktek Pendidikan Dasar PANTALA dan dilantik menjadi anggota PANTALA. Mereka akan memperoleh nomor anggota dan scarf PANTALA. Anggota PANTALA mencakup siswa/siswi yang masih bersekolah di SMA Santa Angela, maupun alumni-alumninya. Berbeda dengan Peserta Ekstrakurikuler, sifat keanggotaan ini tidak dapat hilang meskipun seseorang telah tidak aktif lagi sebagai siswa SMA Santa Angela.

 

Dalam pelaksanaan kegiatannya, ekstrakurikuler PANTALA dibimbing dan dibina oleh Anggota PANTALA yang telah lulus SMA. Para pembina ini memiliki struktur kepengurusan yang disebut Dewan Pembina PANTALA dan mereka bertanggung jawab kepada SMA Santa Angela. Adapun anggota PANTALA yang berada diluar Dewan Pembina tetap memberikan masukkan ide maupun pertimbangan untuk perkembangan dan eksistensi PANTALA. Kepengurusan ini diregenerasikan dari angkatan ke angkatan, hingga PANTALA masih tetap berdiri sampai saat ini.