PANTALA | Buat Api dari Air.. mungkin gak ya..?
271
single,single-post,postid-271,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode-theme-ver-7.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.9.1,vc_responsive

21 Apr Buat Api dari Air.. mungkin gak ya..?

Hmm, kalau dipikir-pikir, nampaknya hal ini adalah hal yang mustahil. Masa membuat api dari air? Memang tidak mungkin mebuat api dari air,  tapi membuat api menggunakan air adalah hal yang sangat mungkin dilakukan! Apalagi jika kita tengah berada dalam kondisi survival di alam. Segala peralatan yang kita miliki harus kita manfaatkan secara maksimal. Ide membuat api menggunakan air memanfaatkan prinsip pemfokusan cahaya oleh lensa cembung. Lensa cembung merupakan lensa melengkung yang tebal pada bagian tengahnya. Jika kita meletakkan bahan yang sangat mudah terbakar pada titik api/fokus, maka kita dapat membuat api dengan mudah.

Bahan yang dipelukan:

  • Air tentunya
  • Botol minum plastik
  • Plastik + Kayu + Tali
  • Tinder (sekering mungkin agar mudah terbakar)

Bagaimana caranya..?idea

Untuk membuat lensa dari air, maka kita memerlukan pemukaan yang melengkung. Jika menggunakan botol minum plastik, beberapa jenis yang dapat dipakai adalah botol plastik bekas minuman mineral/botol bekas F*NTA (bukan promosi, tapi karena bagian melengkungnya bagus untuk model lensa cembung). Letakkan tinder di atas sepotong kertas, lalu dengan menggunakan botol minum plastik yang dibalikkan, kita fokuskan cahaya matahari ke tinder tersebut. Begitu mulai ada asap dan sedikit bara, tambahkan tinder sedikit demi sedikit, sambil ditiup, dan holaa, jadi deh api kita.party

Catatan: hal ini harus dilakukan dengan tenang & sabaaar. Kalau sudah biasa, kurang dari 2-5 menit bisa koq…

Sebagai alternatif lain, dapat menggunakan plastik bening yang diikatkan pada keliling penopang kayu. Buat agar plastiknya agak menggantung, lalu isikan air di atasnya.

Selain menggunakan air, ada cara lain, yang secara khusus lebih cocok dipraktekkan di daerah dingin, yaitu menggunakan es. Salah satu cerita fiksi karya Jules Verne, bejudul “The Desert of Ice” menceritakan para penjelajah yang pergi ke kutub utara ice. Dalam petualangan ini diceritakan bagaimana mereka dapat membuat api dengan menggunakan es. Caranya, pertama-tama cari es yang agak tebal ~5cm, dan agak luas & rata permukaannya. Lalu potong es membentuk lingkaran. Selanjutnya, gosok permukaan es dengan menggunakan tangan, dan buat agar permukaannya melengkung, tebal ditengah dan tipis di pinggir. Kalau dilakukan dengan telaten dan sabar, hasil gosokan itu akan seperti kristal kaca yang bening. Ini adalah lensa cekung kita. Berikutnya tinggal fokuskan cahaya matahari, dan lakukan hal yang sama seperti di atas.

Cara-cara di atas tentu saja cara paling darurat. Sebagai pesan, kalau camping, jangan lupa bawa korek. Kalau lupa bawa korek, jangan lupa bawa lensa (di pisau lipat ada harusnya). Kalau masih lupa, masih ada plastik/botol minum. Kalau masih lupa lagi, ini sih ga niat camping namanya.

Nb: Klik di gambar untuk melihat video youtube

Sumber :
Flying circus of physics/Amateur Scientist

A-13.175-BH