PANTALA | Teknik Packing Ransel / Carrier
367
single,single-post,postid-367,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode-theme-ver-7.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.9.1,vc_responsive

16 Apr Teknik Packing Ransel / Carrier

Teknik packing ransel / carrier saat mendaki gunung maupun kegiatan outbound lainnya sangat diperlukan sehingga barang-barang yang kita bawa dapat kita bawa dengan ringkas, efisien, dan rapi. Packing biasa disebut juga dengan pengepakan. Packing merupakan cara atau teknik menyusun perlengkapan dalam ransel (carrier). Dengan packing (pengepakan) yang baik ransel akan mampu memuat peralatan dengan efisien namun tetap terasa nyaman dikenakan saat perjalanan.

packing

Prinsip-prinsip packing yang harus diperhatikan antara lain:

  1. Pada saat dipakai beban terberat harus jatuh ke pundak, Mengapa beban harus jatuh kepundak, ini disebabkan dalam melakukan perjalanan kedua kaki kita harus dalam keadaan bebas bergerak, jika salah mempacking barang dan beban terberat jatuh kepinggul akibatnya adalah kaki tidak dapat bebas bergerak dan menjadi cepat lelah karena beban akan menekan pinggul belakang. Ingat : Letakkan barang yang berat pada bagian atas dan terdekat dengan punggung.
  2. Membagi berat beban secara seimbang antara bagian kanan dan kiri pundak Tujuannya adalah agar tidak menyiksa salah satu bagian pundak dan memudahkan anda menjaga keseimbangan dalam menghadapi jalur berbahaya yang membutuhkan keseimbangan seperti meniti jembatan dari sebatang pohon, berjalan dibibir jurang, dan keadaan yang tidak terduga lainnya.
  3. Pertimbangan lainnya adalah sebagai berikut :
    • Kelompokkan barang sesuai kegunaannya lalu tempatkan dalam satu kantung untuk mempermudah pengorganisasiannya. Misalkan : Makanan ringan ditaruh dalam satu kantung plastik.
    • Maksimalkan tempat yang ada, misalkan nesting (Panci Serbaguna) jangan dibiarkan kosong bagian dalamnya saat dimasukkan ke dalam carrier, isikan bahan makanan kedalamnya. Misalkan : Beras, mie, dan telur.
    • Tempatkan barang yang sering digunakan pada tempat yang mudah dicapai pada saat diperlukan, Misalkan: Jas hujan dan senter pada bagian atas carrier.
    • Hindarkan menggantungkan barang-barang diluar carrier, karena barang diluar carrier akan mengganggu perjalanan anda akibat tersangkut-sangkut dan terkesan berantakan, usahakan semuanya dapat dipacking dalam carrier.

Mengenai berat maksimal yang dapat diangkat oleh anda, sebenarnya adalah suatu angka yang relatif, patokan umum idealnya adalah 1/3 dari berat badan anda , tetapi ini kembali lagi ke kemampuan fisik setiap individu, yang terbaik adalah dengan tidak memaksakan diri, lagi pula anda dapat menyiasati pemilihan barang yang akan dibawa dengan selalu memilih barang atau alat yang berfungsi ganda dengan bobot yang ringan dan hanya membawa barang yang benar-benar diperlukan.

Sumber: http://ramapala99.blogspot.com/2012/08/packing-ransel.html